Contoh Barbagai macam Vandel, silahkan klik disini
Contoh Berbagai macam Gordon Wisuda klik disini
Contoh Bendera dan Umbul-umbul klik disini
Contoh Undangan klik disini
Contoh ID Card tebal seperti ATM klik disini
Google Map Murni print klik disini

Kontak kami : SMS - WA: 085 235 1925 36 BBM: 7698AE4A
Pembayaran Pesanan dan DP bisa via BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga dan Mandiri
Masuk ke TokoPedia Murni Print klik disini
Masuk ke Facebook Murni Print klik disini
-------------------
Cara Menambah Penghasilan dari Blog Gratis-tis klik disini
Lihat TV lokal
Beli Pulsa Automatis CEPAT 24 Jam klik disini atau ingin usaha PPOB Jual pulsa elektrik Daftar Gratis di Bebas Bayar Gratis tapi Dahsyat
Solusi Transaksi online / Bayar dengan uang elektrik klik disini

Permisi Agan..... Ada Info penting

Ini Blog Pribadi yang Berisi Artikel-artikel penting (bagi saya), Baik Tulisan saya sendiri maupun dari berbagai Sumber, Semoga Manfaat Juga Untuk teman-teman yang membutuhkan

09 September 2014

Cara Afdruk Sablon dengan Sinar Matahari

Cara Membuat afdruk sablon Dengan Menggunakan Sinar matahari
Siapkan alat dan bahan untuk Afdruk,
1.   Obat Afdruk
~Waterbase / basis air, khusus digunakan untuk screen basis air(screen kasar), obat afdruk jenis ini tahan terhadap cat/tinta basis air untuk menyablon media textile, obat afdruk ini biasanya berwarna ungu atau putih, merknya antara lain Ulano TZ, Photoxol TS, Super Xol TX, dll.

~Solvent / basis minyak, digunakan untuk screen sedang dan screen halus, obat afdruk jenis ini tahan terhadap cat/tinta yang campurannya menggunakan bahan minyak seperti M3, M4 dan Terpin biasanya untuk menyablon pada media kertas, plastik dan sejenisnya, obat afdruk ini biasanya berwarna hijau atau biru, merknya antara lain Ulano 122, Ulano 133, Photoxol 199, Super Xol 133, dll.

2.   Screen
1.    Screen atau kain saring yang biasanya terbuat dari bahan polyster atau nylon adalah kain berpori-pori yang berfungsi menyaring dan menentukan jumlah tinta yang keluar. Satuan kerapatan lubang pori-pori diberi kode T = Thick. Kerapatan lubang pori-pori kain ini dibagi 3 macam, yaitu:   
2.   ~Screen kasar yang cocok untuk bahan kain seperti kaos, katun, spanduk, nomor kerapatannya antara 25T - 90T.
3.   ~Screen sedang, cocok untuk bahan seperti kertas, kulit, imitasi dengan kerapatan antara 120T - 150T.
4.   ~Screen halus, cocok untuk bahan seperti plastik PE PP HD, mika, yang kerapatannya antara 180T - 200T. 
  


5.      Klise Gambar
Biasanya dicetak diatas kertas kalkir menggunakan printer laserjet,digunakan untuk men trasfer gambar yeng akan disablon ke screen.

6.      Semprotan air
Digunakan untuk merontokkan gambar pada screen yang sudah di afdruk.

7.      Hair Dryer atau kipas angin
Sebagai alat bantu untuk mempercepat pengeringan lapisan afdruk di screen pada saat proses pembuatan film sablon.

8.     Remover ( bahan penghapus)
Bahan kimia berbentuk gel atau cair yang digunakan untuk menghapus lapisan afdruk setelah screen selesai di pakai, merk remover diantaranya Ulano 5, Ulano 4, Photoxol 7, Super Xol 3, Ulanol 5, dll. Bisa juga menggunakan Soda api atau kaporit.

9.      Rakel
Rakel adalah alat bantu untuk menurunkan tinta sablon pada kain screen, fungsinya seperti kuas, rakel terbuat dari bahan sintetik seperti Polyrethane dan Polyvyl yang cukup kuat terhadap kelembaban udara sehingga lebih awet. Ada 2 jenis rakel berdasarkan fungsinya :
~Rakel keras biasanya untuk tinta basis minyak untuk menyablon pada media kertas atau plastik agar hasil lebih detil dan halus.
~Rakel lunak biasanya untuk tinta basis air untuk menyablon pada media kain yang memerlukan banyak tinta.
 Selain fungsi diatas, rakel juga bisa digunakan untuk meratakan obat afdruk saat kita mengoleskannya di screen untuk membuat film sablon.

10.  Busa (spon)
Digunakan untuk menekan kain screen agar menempel dengan klise gambar  dalam proses penyinaran

11.   Kaca
Hampir sama kegunaannya untuk menekan kain screen agar menempel klise gambar dalam proses penyinaran, letakan di bagian paling atas


Cara afdruk film sablon manual

Langkah 1
Bersihkan Screen yang akan di afdruk dengan pembersih khusus screen atau kalau tidak ada bisa gunakan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dan lemak yang ada pada kain screen, bilas sampai bersih dan keringkan.

Langkah 2
Campurkan sensitizer (botol kecil) dengan emulsi (botol besar) dengan perbandingan 10 : 1 kemudian aduk sampai rata, kemudian diamkan beberapa saat kira-kira 30 menit. Untuk hasil lebih baik masukkan kedalam lemari es (jangan sampai beku). Jangan dicampur semuanya, sediakan wadah buat mencampur kedua bahan tersebut, dikira-kira cukup untuk screen yang akan di afdruk, sisanya disimpan buat yang lain. Emulsi yang belum dicampur Sensitizer dapat disimpan bertahun-tahun dan yang sudah dicampur dapat disimpan selama -+ 3 hari jika disimpan dalam lemari es.

Langkah 3
Oleskan emulsi pada screen secara merata pada bagian luar dan dalam, oleskan secara perlahan agar seluruh bagian screen tertutup sempurna, olesi pada bagian luar dan dalam, anda bisa menggunakan rakel atau penggaris mika untuk meratakannya.
http://1.bp.blogspot.com/-v4ROYqPLSlI/TkIskzDwSGI/AAAAAAAAALk/IH1P8RRPaLk/s200/TUANG+OBAT+AFDRK+.jpg
   
Langkah 4
Keringkan screen yang sudah diolesi emulsi menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer, JANGAN mengeringkan dibawah sinar Matahari. Sebelum penyinaran screen harus benar-benar kering. Karena sifat obat afdruk yg peka cahaya maka lakukan pengeringan dalam ruangan tertutup dan usahakan tidak terkena cahaya secara langsung.
  
Langkah 5
Susun Papan Penahan, Busa, Screen, Kalkir, Kaca. Tekan screen sampaikelihatan kalkir tidak berongga, angkat lalu jemur dengan sinar matahari, (jangan terlalu lama, Sesuaikan dengan cuaca) Kalau Cuaca lagi cerah cukup hanya 30 detik.

Langkah 6
Setelah selesai basahi screen pada kedua sisinya, kemudian semprot dengan air bersih pada bagian sisi luar dan dalam secara bergantian, semprot hingga gambar terbuka sempurna. Apabila terjadi kegagalan dapat dihapus dengan Remover kemudian ulangi langkah 1-6.

Langkah 7
Keringkan screen yang sudah jadi dengan kipas angin atau hair dryer bahkan kali ini bisa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Langkah 8
Setelah kering periksa kembali screen apakah ada kebocoran, apabila ada tambal (tusir) menggunakan sisa obat afdruk yang kita pakai diawal tadi dan keringkan lagi. 
Setelah kering screen siap digunakan.

Demikian semoga berhasil, jangan lupa komentarnya ya.....  


sumber : http://mywildanprinting.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-afdruk-sablon-dengan-sinar.html
Posting Komentar

Pulsa Murah Online 24 Jam

www.opulsa.com

Video HAB ke-64

Powered by TripAdvisor